Selamat Datang di Situs Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
Anda Berada Di : Beranda / Pasca Sarjana / Magister Manajemen Hospitality
Magister Manajemen Hospitality

 

Konsentrasi Hospitality Management merupakan salah satu konsentrasi di bawah Program Magister Manajemen Universitas Trisakti, yang telah Terakreditasi ”A”, melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor : 018/BAN-PT/Ak-VIII/S2/I/2011.

Profil Lulusan

Konsentrasi Hospitality Management didirikan pada tahun 2004, dan ditujukan kepada para praktisi, akademisi maupun fresh graduate yang ingin lebih mendalami bagaimana mengelola suatu perusahaan jasa, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Sampai dengan semester Ganjil 2010/2011, Konsentrasi Hospitality Management telah meluluskan 141 mahasiswa yang telah bekerja, baik sebagai manajer maupun pengusaha dalam berbagai bidang jasa (Hotel, Restoran, Rumah Sakit, Asuransi, Public services, Pendidikan, Perbankan, Biro Perjalanan, dan lain-lain).

Spesifikasi Program

Pencapaian Lulusan

Konsentrasi Hospitality Management bertujuan untuk : (1) menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan berpikir masalah (think through the problems), dan kemampuan untuk mengembangkan penampilan profesinya di bidang Jasa dalam spektrum yang lebih luas di samping memberikan arahan agar dapat mengembangkan ”inner creative factor”; (2) menghasilkan lulusan yang memiliki integritas/kepribadian tinggi bersifat terbuka dan berjiwa wirausaha, serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ; dan (3) memberikan bekal yang cukup bagi peserta didik dalam penguasaan konsep Jasa, serta dasar-dasar riset lapangan di bidang ilmu dan teknologi serta ”cognates area” sesuai dengan tingkat penguasaan dan penerapannya.

Kurikulum

Kurikulum dirancang dengan menggunakan sistem Term, dengan beban  sebanyak 50 kredit (sks), sehingga Program ini dapat diselesaikan dalam waktu 16 – 18 bulan.

Untuk dapat menyiapkan tenaga ahli di bidang Jasa, maka mahasiswa harus menempuh mata kuliah dengan total 50 sks, sebagai berikut :

Term I – (12 sks) :

Mata kuliah : Human Resource Management (in Service) (3 sks) ; Managerial Economics (3 sks) ; Quantitative Methods (3 sks) ; Business Environment Economics and Enterpreneurship (3 sks).

Term II - (14 sks) :

Mata kuliah : Financial Management (3 sks) ; Marketing Management (3 sks) ; Quality Management (2 sks) ; MICE Management (3 sks) ; Managing Service (3  sks).

Term III – (15 sks) :

Mata Kuliah : Managing Global Hospitality Industry (3 sks) ; Managing Hospitality in Service Industry (3 sks) ; Personal Value Creation (3 sks) ; Market Value Creation (3 sks) ; Research Methodology (3 sks).

Term IV – (9 sks) :

Mata kuliah : Service Research Project (3 sks),  dan Thesis (6 sks).

Service Research Project merupakan kegiatan dimana mahasiswa Konsentrasi Hospitality Management melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan jasa, baik di dalam negeri (Bali, dan lainnya) maupun di luar negeri (Phuket – Thailand, Vietnam, dan lainnya).

Thesis merupakan tugas akhir mahasiswa dengan memilih salah satu bidang Hospitality Management, yaitu : Marketing, Human Resource Management, atau Finance.

Kurikulum yang digunakan selalu dievaluasi secara berkala, dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Para pengajar terdiri dari kalangan akademisi dari berbagai Universitas Negeri/Swasta ternama, serta praktisi dari perusahaan jasa terkemuka di Indonesia.

Lain-lain / Ketentuan Akademik

Mahasiswa Baru

Konsentrasi Hospitality Management menerima calon mahasiswa lulusan S1 dari berbagai disiplin ilmu atau lulusan Program D4 Pariwisata, yang lulus ujian saringan masuk, wawancara, serta mempunyai 2 (dua) surat rekomendasi.

Jadwal Perkuliahan

Perkuliaan dilaksanakan pada :

Kelas Reguler :

      Senin – Jumat  :  18.30-21.00 WIB

       Kelas Eksekutif :

                    Sabtu  :  08.00-16.00 WIB

Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan lulus Konsentrasi Hospitality Management, apabila :

  1. Lulus semua mata kuliah, dengan nilai C maksimal 2 mata kuliah yang dikompensasi dengan nilai A.
  2. Mempunyai IPK ≥ 3,00.
  3. Lulus ujian Tesis.
  4. Menyerahkan Tesis yang telah diperbaiki dan ditandatangani oleh dosen penguji 4 rangkap dalam bentuk hard copy, dan 1 buah dalam bentuk soft copy.
  5. Menyelesaikan seluruh urusan administrasi perpustakaan maupun administrasi keuangan.
HALAMAN TERKAIT
GALERI MULTIMEDIA
Lihat Lebih Lanjut >>
FASILITAS PENDUKUNG
PERPUSTAKAAN Tujuan,  Sistem Layanan, dan Jadwal Layanan Sebagai unit yang menyediakan informasi ilmiah dan referensi baik berupa buku, jurnal, skripsi dan laporan magang maupun informasi ilmiah lainnya, perpustakaan Lihat Lebih Lanjut >>
EVENT KEGIATAN
              SEMINAR INTERN PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN FEB USAKTI DENGAN TEMA : “KEMANDIRIAN WIRAUSAHA” Pembicara : M. IDRIS, S. Sos, Msi (Dirut PT Magna Kartika Jaya, Komisaris PT Manggala Jaya Utama Sampali)   Senin, 13 November 2017 Pukul 13. Lihat Lebih Lanjut >>
PROFIL DOSEN
Drs. Zainul Bahri Dalimunthe. SE,. MM,. PhD
PROFIL DOSEN Nama Zainul Bahri Dalimunthe NIDN - Gelar  Akademik Drs.,  SE.  MM,  PhD Gelar Profesi - Email zainulbahri@gmail.com Riset Area Organizational  Factors  Contributing  to  Service  Recovery  Performance  in  Indonesian  Islamic  Banks Trainer Human Resource Management Penghargaan Sebagai Peserta Dialog Penyelenggara Pendidikan Program Profesi Akuntan (PPAK) &
PUSAT STUDI
Program Studi Ekonomi Pembangunan