Selamat Datang di Situs Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
Anda Berada Di : Beranda / Tentang Fakultas Ekonomi / Prasarana
Prasarana

PERPUSTAKAAN

Tujuan,  Sistem Layanan, dan Jadwal Layanan

Sebagai unit yang menyediakan informasi ilmiah dan referensi baik berupa buku, jurnal, skripsi dan laporan magang maupun informasi ilmiah lainnya, perpustakaan merupakan salah satu bagian penting dalam proses belajar mengajar. Untuk itu adanya perpustakaan fakultas bertujuan:

a.      Mengembangkan dan menyediakan koleksi perpustakaan sesuai   dengan kebutuhan          bahan ajar dan kurikulum yang berlaku

b.      Melaksanakan proses pengolahan yang sesuai dengan pedoman yang berlaku

c.      Menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas

d.      Menjaga koleksi tertata pada raknya masing-masing dan melakukan perawatan bahan          pustaka

e.      Mengembangkan fasilitas dan sarana yang memadai untuk menunjang kelancaran                kegiatan yang ada di perpustakaan & memberi kemudahan kepada pengguna

Menyadari kondisi tersebut, Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti yang berlokasi di dua kampus menyediakan fasilitas perpustakaan di ke dua kampus tersebut yaitu kampus A (Kampus Grogol) dan kampus F (Kampus Pulomas). Dengan jumlah koleksi yang mencakup lebih dari 4000 judul buku dan lebih dari 20.000 eksemplar, 12000 skirpsi, 20 jurnal ilmiah yang berbentuk jurnal fisik maupun ratusan jurnal elektronik  (ProQuest, Emerald, EBSCO, dan Gale) yang dapat diakses melalui computer baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus, bulletin, majalah, referensi dan skripsi tersedianya koleksi yang senantiasa up to date. Di samping kedua perpustakan tersebut, tersedia pula Perpustakaan Magister Akuntansi dan perpustakaan-perpustakaan intern di program diploma dan beberapa program magister.

Sistem pelayanan perpustakaan Fakultas Ekonomi menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) yang memungkinkan pengunjung untuk memilih sendiri koleksi yang dibutuhkan terkecuali untuk perpustakaan-perpustakaan intern masih menggunakan close access karena kebanyakan untuk memfasilitasi keperluan dosen mengajar.

Adapun jadwal layanan perpustakaan disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung. 

JAM BUKA PERPUSTAKAAN

Pagi(Kampus A dan F)

Senin-Kamis 08.30-15.00 WIB (Istirahat 12.00-13.00 WIB)

Jum’at 08.30-15.00 WIB (Istirahat 11.00-13.30 WIB)

Sabtu 08.30-12.00 WIB

                   Sore (Kampus A)

Senin-Jum’at 16.00-19.00 WIB

            Sabtu 13.00-15.00 WIB        

 

Keanggotaan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Usakti

 

KEANGGOTAAN

                   1.   Program Diploma, Sarjana & Pacasarjana di bawah naungan FE Usakti

  •  Memiliki Kartu Mahasiswa (KTM) FE
  • Keanggotaan berakhir setelah mahasiswa meminta surat bebas pinjaman pustaka

                   2.      Dosen Tetap

                   3.      Dosen Tidak Tetap

                   4.      Karyawan Non Dosen

Jenis-jenis layanan yang disediakan

Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti menyediakan berbagai jenis layanan, antara lain:

      JENIS-JENIS LAYANAN

     o   Layanan Bimbingan Pemakai

                  o   Layanan Sirkulasi (Peminjaman & pengembalian)

                  o   Layanan Referensi (Penelusuran Informasi spesifik)

                  o    Layanan Jurnal/Makalah

                  o   Layanan skripsi (tugas akhir)

                  o   Layanan E-library meliputi:

  • Penelusuran katalog
  • Penelusuran internet/E-Journal

                 o   Layanan foto copy

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perpustakaan FE Usakti juga memiliki FE on-line library, yaitu bentuk pelayanan perpustakaan menggunakan katalog elektronik atau yang disebut Online Public Access Catalog (OPAC) yang dapat diakses melalui website FE Usakti (www.library.trisakti.ac.id).

Dengan demikian diharapkan pengguna bisa mengakses dan menelusur koleksi perpustakaan dari mana saja tidak harus di dalam lingkungan kampus, bisa di rumah atau dalam perjalanan di dalam kendaraan.

 

LABORATORIUM

Laboratorium merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang memberikan latihan aplikasi teori yang telah diperoleh dalam mata kuliah

Kegiatan laboratorium dilaksanakan dalam kelas regular dan kelas laboratorium komputer. Laboratorium Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti memiliki 9 ruang laboratorium komputer dengan jumlah komputer sebanyak 265 unit, terbagi dalam 7 ruang dengan 265 komputer di kampus A dan 2 ruang dengan76 unit komputer di kampus F. Seluruh komputer laboratorium terhubung ke jaringan internet.

Ketentuan dalam pelaksanakan kegiatan laboratorium diatur lebih rinci dalam buku pedoman tersendiri..

FAKULTAS EKONOMI TRISAKTI ENGLISH CENTRE (FETEC)

FETEC merupakan lembaga afiliasi fakultas ekonomi universitas Trisakti. Pada mulanya FETEC didirikan pada tahun 2000 sebagai fasilitas belajar bahasa Inggris mahasiswa universitas Trisakti. Namun dengan berjalannya waktu dan mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan sebuah lembaga bahasa Inggris dan lembaga penyelenggara persiapan test sertifikasi internasional  yang berkualitas dan dapat dipercaya, FETEC menjadi lembaga bahasa Inggris dan sertifikasi internasional yang juga melayani masyarakat umum. Saat ini FETEC sudah mempunyai beberapa kerjasama dengan lembaga-lembaga lain, baik lembaga pendidikan maupun non-pendidikan seperti perkantoran dan industri.

A.    Kegiatan FETEC

Kegiatan rutin FETEC saat ini adalah mengadakan berbagai kursus bahasa Inggris baik untuk kelompok maupun individual (private class). Menyelenggarakan TOEFL® Preparation, FETEC’s Prediction Test for the TOEFL® Test, TOEFL® ITP (Institutional Testing Program), serta kelas persiapan test sertifikasi internasional Microsoft®, Adobe® , dan Auto Desk® . Kursus diselenggarakan di kampus A, Kampus F ataupun in-House training tergantung kepada permintaan peserta. Selain kursus, FETEC mengadakan FETEC’s Prediction Test for the TOEFL® Test enam kali seminggu. Hasil tes tersebut hanya berlaku untuk keperluan intern mahasiswa Universitas Trisakti. Selain FETEC’s Prediction Test for the TOEFL® Test, FETEC juga mengadakan kerjasama dengan IIEF (The Indonesian International Education Foundation) yang merupakan perwakilan penyelenggara TOEFL® resmi di Indonesia. Dalam kerjasama ini, FETEC disyahkan menjadi test center bagi TOEFL® ITP.  Sertifikat TOEFL® ITP berlaku diseluruh Indonesia untuk melengkapi persyaratan dalam melamar pekerjaan ataupun keperluan lainnya. FETEC juga menjalin kerjasama dengan Wordware dan Certiport dalam menyelenggarakan sertifikasi internasional untuk Microsoft®, Adobe® , dan Auto Desk® .  

Mulai dari angkatan 2007, fakultas ekonomi Usakti mengganti kurikulum mata kuliah Bahasa Inggris menjadi TOEFL®. Sehingga UTS dan UAS mata kuliah bahasa Inggris diselenggarakan oleh FETEC.

B.     Jenis-jenis kursus FETEC

1.    TOEFL®   Preparation

-      Intensive ; 17x pertemuan @ 3 jam, Senin s/d Jum’at

-      Regular ; 25x pertemuan @ 3 jam, 2x1 minggu, hari bisa ditentukan oleh peserta

-      Structure ; 6x pertemuan @ 3 jam, Senin s/d Sabtu

2.    Conversation

-      Business English

-      Conversation Skills/ General English

-      Law Conversation

-      Medical English

3.  English for Specific Purposes

-      English for Tourism

-      English for Accounting

-      English for Leadership

-      English for Customer Service

-      English for Finance

4.IELTS Preparation

a.     Intensive ; 17x pertemuan @ 3 jam, Senin s/d Jum’at

b.    Regular ; 25x pertemuan @ 3 jam, 2x1 minggu, hari bisa ditentukan oleh peserta

5.    Preparation dan test Microsoft®

-       Microsoft® Word

-       Microsoft® Excel

-       Microsoft® Powerpoint

-       Microsoft® Access

-       Microsoft® Outlook

-       Microsoft® OneNote

-       Microsoft® SharePoint

6.    Preparation dan test Adobe®

-        Dreamweaver®

-       Flash®

-       Photoshop®

-        Premiere®

7.    Preparation dan test Auto Desk®

Lokasi dan Kontak

-       Kampus A : Gd. Hendriawan Sie lt. Dasar & VII FE Usakti Grogol Jakarta 

Telp. (021) 5638719/5663232 ext. 316

 

-       Kampus F : Gd. B lt dasar FE Usakti Jl. Jend. Ahmad Yani (by pass)

Telp. (021) 4244376

infofetec@gmail.com

POJOK BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Pendahuluan

Perkembangan pasar modal Indonesia demikian pesatnya, bahkan disebutkan sebagai salah satu emerging market dengan pertumbuhan pasar yang tinggi di Asia. Guna mendukung kemajuan tersebut tentunya diperlukan sumber daya manusia yang handal bagi industri pasar modal, khususnya sumber daya manusia yang berasal dari Civitas Akademika Universitas Trisakti dan masyarakat sekitar Universitas Trisakti. Untuk membantu menyiapkan sumber daya manusia yang handal bagi industri pasar modal dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang investasi, seperti pendidikan investor, perlindungan investor dan tersedianya informasi dan data yang berhubungan dengan Pasar Modal, maka Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti menyelengarakan Pojok Bursa Efek Indonesia,yang bertempat di Gedung H lantai dasar, dimana pada tahun 2006 terbentuk kerjasama antara Fe Usakti dengan Bursa Efek Indonesia dan PT.Valbury Asia Securities. Dengan tidak dilanjutkannya kerjasama antara FE Usakti dengan PT.Valbury Asia Securities yang rencananya akan berakhir pada tahun 2011, maka pada tanggal 26 November 2009 FE Usakti mengadakan kerjasama dengan PT.Etrading Securities yang rencananya akan berakhir pada tanggal 26 November 2012. Dengan adanya kerjasama antara FE Usakti, Bursa Efek Indonesia dan PT. Etrading Securities diharapkan dapat menunjang kegiatan akademik di Universitas Trisakti tentang pendalaman topik investasi di pasar modal dan memudahkan mahasiswa serta dosen untuk mendapatkan informasi dan data pasar modal terkini.

Kegiatan yang diselenggarakan BEI

Penyebarluasan informasi dan sosialisasi tentang Pasar Modal di Indonesia dinilai sangat berperan penting dalam memasyarakatkan fungsi dan peran Pasar Modal bagi perekonomian Indonesia. Program-program yang dilakukan secara terpadu dan terarah akan mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya melakukan investasi sejak dini. Pengetahuan itu tak terkecuali didapat di area Perguruan Tinggi. Sebagai pusat informasi di bidang pasar modal diharapkan dapat memberikan informasinya pada pengguna baik di lingkungan civitas akademika maupun bagi masyarakat umum. Pendirian POJOK Bursa Efek Indonesia (BEI) dimaksudkan untuk mengenalkan Pasar Modal sejak dini pada dunia akademis. Pendirian POJOK BEI berkonsep 3 in 1 (kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas) sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya. Sasaran POJOK BEI sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal. Peran POJOK BEI sebagai One stop student aktivities pasar modal di dunia akademisi merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Kedepannya melalui laboratorium pasar modal yang menyediakan real time data untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di Pasar Modal, sehingga perguruan tinggi dapat menghasilkan, masyarakat akademisi yang memahami teori beserta prakteknya.

Untuk membantu menyiapkan sumber daya manusia yang handal bagi industri pasar modal dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang investasi, seperti pendidikan investor, perlindungan investor dan tersedianya informasi dan data yang berhubungan dengan Pasar Modal, maka Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti menyelengarakan Pojok Bursa Efek Indonesia,yang pada awalnya bertempat di Gedung H lantai dasar, dimana pada tahun 2006 terbentuk kerjasama antara Fakultas Ekonomi Trisakti dengan Bursa Efek Indonesia dan PT.Valbury Asia Securities. Dengan tidak dilanjutkannya kerjasama antara FE Usakti dengan PT.Valbury Asia Securities yang rencananya akan berakhir pada tahun 2011, maka pada tanggal 26 November 2009 Fakultas Ekonomi Trisakti mengadakan kerjasama dengan PT.Etrading Securities yang rencananya akan berakhir pada tanggal 26 November 2012. Dengan adanya kerjasama antara Fakultas Ekonomi Trisakti, Bursa Efek Indonesia dan PT.Etrading Securities diharapkan dapat menunjang kegiatan akademik di Universitas Trisakti tentang pendalaman topik investasi di pasar modal dan memudahkan mahasiswa serta dosen untuk mendapatkan informasi dan data pasar modal terkini.

Pada tahun 2012 ini PT. Danareksa Sekuritas bermaksud bekerjasama  dengan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti dalam rangka mensosialisasikan  pasar modal melalui edukasi seperti pelatihan, training, membantu meningkatkan pengembangan kelas lab pasar modal melalui proses pembelajaran yang selalu up-date dengan perkembangan pasar modal saat ini, seminar dan pelayanan informasi serta sosialisasi  pasar modal di kalangan akademik/mahasiswa   dan  masyarakat sekitarnya dengan  menyediakan fasilitas- fasilitas yang  ada  sehingga dapat  menciptakan pelaku-pelaku pasar modal yang dapat mendukung perkembangan pasar modal di Indonesia.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis.

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pojok BEI Trisakti

Menyelenggarakan kegiatan yang terkait dengan Pemasyarakatan Pasar Modal dan kegiatan ilmiah lainnya yang berhubungan dengan Pasar Modal, antara lain:

  1. Sebagai pusat informasi dan referensi data dari lebih 350 perusahaan yang terdaftar di BEI dengan tersedianya data dalam bentuk soft copy dan hard copy dari tahun 2000 sampai tahun 2011.
  2. Mengadakan Workshop Pasar Modal dengan program Basic Level, Intermediate Level dan Advanced Level
  3. Membentuk kursus Pasar Modal sebagai program lanjutan dari Workshop Pasar Modal untuk menghadapi Ujian Standar Profesi Pasar Modal (USP) untuk program WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek), WPEE (Wakil Penjamin Emisi Efek) dan WMI (Wakil Manajer Investasi).
  4. Mengadakan pelatihan dan training bagi dosen yang  mengajar mata kuliah Pasar Uang & Pasar Modal  dan Teori Portfolio & Investasi dan juga bagi mahasiswa yang mengikuti Lab Pasar Modal.
  5. Menyelenggarakan seminar dan workshop Pasar Modal dalam bentuk sosialisasi Pasar Modal, pelatihan dan training untuk mahasiswa S1, S2 dan  umum.
  6. Melakukan studi banding ke Pojok Bursa Perguruan Tinggi lain yang sukses dalam membina Edukasi  dan Investasi di pasar Modal.
  7. Melibatkan mahasiswa yang memang tertarik untuk         membantu pengembangan Pojok Bursa Usakti.
  8. Dalam rangka membina kerjasama dengan PT.Danareksa Sekuritas akan dibuka Gerai Danareksa-Fakultas Ekonomi Trisakti yang Menyediakan fasilitas market info (Danareksa Online Trading) beserta dummy yang dapat  diakses untuk kebutuhan mahasiswa di kelas lab Pasar Modal, membantu Pojok Bursa Trisakti dalam mensosialisasikan Pasar Modal melalui edukasi, seperti seminar, workshop, training dan pelatihan, membantu pengembangan kelas lab Pasar Modal melalui proses pembelajaran yang selalu up-date dengan perkembangan Pasar Modal saat ini dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktek kerja/magang pada PT.Danareksa
  9. Melaksanakan Company Visit ke Bursa Efek Indonesia dalam rangka mengajak mahasiswa kelas Lab Pasar Modal dan mahasiswa lainnya yang tertarik untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal di BEI.
  10. Mengikutsertakan mahasiswa dalam Kompetisi Pasar Modal.

Lokasi dan Kontak

Kampus A

Gedung Hendriawan Sie Lantai 5 Fakultas Ekonomi Universitas trisakti

Telp.    0215663232 ext. 8353

             0215638718              

TRIEBI (TRISAKTI Educations & business Institute)

Pendahuluan.

TRIEBI (Trisaksati Educations & Businessn Institute) d/h Lembaga Administrasi Perusahaan (LAP) merupakan sebuah lembaga profit dibawah naungan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti. Kegiatan TRIEBI adalah mendukung tugas Fakultas Ekonomi dalam mengembangkan Tri  Dharma Perguruan Tinggi. Lembaga ini menjadi jembatan penghubung antara dunia akademis dengan dunia praktis dengan jalan :

-          Menciptakan dan mengembangkan “Intrapreneurs” dan “Entrepreneurs” yang etis.

-          Memperluas akses jaringan usaha (business networking).

-          Mengembangkan potensi individu menjadi peluang.

-          Membuka kesempatan kerja yang berbasis kepada profesionalisme.

Program pengembangan ketrampilan yang dapat diikuti.

  Program pengembangan ketrampilan

Program Reguler.

1.      Pajak Brevet A, B, dan C.

2.      Komputer Perkantoran.

3.      Ekspor-Impor.

4.      Uji Review Teknisi Komputer.

5.      Pendalaman Materi Akuntansi (Keuangan, Biaya, Manajemen).

6.      Manajemen Keuangan.

7.      Refreshing Accounting

8.      MYOB / Program Komputer Akuntansi

9.      Praktek Bisnis (Manajemen, SPSS,MSO)

10.  Manajemen Operasional Bank Syariah (MOPS)

11.  Bancassurance

12.  Public Speaking

Program Diploma (1 & 2 tahun)

1.      Akuntansi Bisnis

2.      Sekretaris Bisnis

3.      Public Relations

 

Tenaga Pengajar.

Tenaga Pengajar pada TRIEBI adalah para dosen USAKTI dengan kemampuan aplikatif serta Tenaga Pengajar dari kalangan Profesional.

Peserta.

Peserta yang mengikuti program-program pada TRIEBI adalah :

-          Mahasiswa USAKTI,

-          Mahasiswa perguruan tinggi lain

-          Masyarakat umum (karyawan, professional, dll.)

Fasilitas.

Ruang kelas yang mendukung kenyamanan proses belajar.

-          Laboratorium Komputer.

 

HALAMAN TERKAIT
GALERI MULTIMEDIA
Lihat Lebih Lanjut >>
FASILITAS PENDUKUNG
PERPUSTAKAAN Tujuan,  Sistem Layanan, dan Jadwal Layanan Sebagai unit yang menyediakan informasi ilmiah dan referensi baik berupa buku, jurnal, skripsi dan laporan magang maupun informasi ilmiah lainnya, perpustakaan Lihat Lebih Lanjut >>
EVENT KEGIATAN
              SEMINAR INTERN PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN FEB USAKTI DENGAN TEMA : “KEMANDIRIAN WIRAUSAHA” Pembicara : M. IDRIS, S. Sos, Msi (Dirut PT Magna Kartika Jaya, Komisaris PT Manggala Jaya Utama Sampali)   Senin, 13 November 2017 Pukul 13. Lihat Lebih Lanjut >>
PROFIL DOSEN
Drs. Zainul Bahri Dalimunthe. SE,. MM,. PhD
PROFIL DOSEN Nama Zainul Bahri Dalimunthe NIDN - Gelar  Akademik Drs.,  SE.  MM,  PhD Gelar Profesi - Email zainulbahri@gmail.com Riset Area Organizational  Factors  Contributing  to  Service  Recovery  Performance  in  Indonesian  Islamic  Banks Trainer Human Resource Management Penghargaan Sebagai Peserta Dialog Penyelenggara Pendidikan Program Profesi Akuntan (PPAK) &
PUSAT STUDI
Program Studi Ekonomi Pembangunan